kalau kamu jawab payung. saya hanya akan menundukkan wajah dan berdo'a dalam hati.  "teruslah berpikir positif, hidup itu indah.....

kalau kamu jawab payung. saya hanya akan menundukkan wajah dan berdo'a dalam hati. 

"teruslah berpikir positif, hidup itu indah... kawan". saya mungkin mengatakannya dengan mata berkaca-kaca.

lha? tapi emang bener kan. kalau hujan ya butuh payung. kalau lapar ya makan. gak ada yang salah kan? Arif ini gimana toh!

gini ya... *ngambil napas* kalau kamu hidup di Indonesia. terlebih lagi di Jakarta. kamu sama sekali gak butuh payung untuk melindungi dirimu dari hujan. 

yang paling kamu butuhkan adalah rumah lantai dua, atau minimal kursi yang cukup tinggi.
kenapa?

look at this!
indahnya hidup tanpa beban
ini tahun pertama saya di Jakarta. belum dan gak mau ngalamin kebanjiran.
do'ain yaa... (_ _ ")

Never feared for anything Never shamed but never free A life that healed a broken heart with all that it could Lived a life so endlessl...

Never feared for anything
Never shamed but never free
A life that healed a broken heart with all that it could

Lived a life so endlessly
Saw beyond what others see
I tried to heal your broken heart with all that I could

Will you stay ?
Will you stay away forever ?

How do I live without the ones I love ?
Time still turns the pages of the book its burned
Place and time always on my mind
I have so much to say but you’re so far away

Plans of what our futures hold
Foolish lies of growing old
It seems we’re so invincible
The truth is so cold

A final song, a last request
A perfect chapter laid to rest
Now and then I try to find a place in my mind

Where you can stay
You can stay awake forever

How do I live without the ones I love ?
Time still turns the pages of the book its burned
Place and time always on my mind
I have so much to say but you’re so far away

Sleep tight, I'm not afraid
The ones that we love are here with me
Lay away a place for me
Cause as soon as I'm done I'll be on my way
To live eternally

How do I live without the ones I love ?
Time still turns the pages of the book its burned
Place and time always on my mind
And the light you left remains but it's so hard to stay
When I have so much to say and you’re so far away

I love you
You were ready
The pain is strong enough despite
But I'll see you
When He lets me
Your pain is gone, your hands are tied

So far away
And I need you to know
So far away
And I need you to
Need you to know



today (28 Desember) is the day when "The Rev" is passed away.
the video clip is tell everything...

Lagunya, Liriknya, Sama cara bawainnya keren bangeeeet..... X')))

Klik aja gambarnya biar agak gedean udah liat komik stripnya? saya coba ketik ulang dialognya ya sekalian saya terjemahin. teks warna...


Klik aja gambarnya biar agak gedean
udah liat komik stripnya? saya coba ketik ulang dialognya ya sekalian saya terjemahin.

teks warna biru adalah balloon milik Calvin. anak kecil yang penuh imajinasi. sedangkan teks merah adalah balloon milik Hobbes. harimau khayalan yang diciptakan Calvin.

i call this "lookout" hill
(gue manggil ini bukit "lookout" (maksudnya "awas!" atau "hati-hati"))


yes, you can certainly see far from up here
(ya, lu emang bisa ngeliat jauh dari sini (hobbes nangkep kata "lookout" sebagai kata "pengintai"))



i call it "lookout" hill because that's what you yell whenever we go down it
(gue manggil ini bukit "lookout" soalnya itu yang kamu teriakin tiap kali nurunin (bukit ini))


you know. sometimes it seems things go by too quickly
(tau gak, terkadang sesuatunya pergi terlalu cepat)


we're so busy watching out for what's just ahead that we don't take the time to enjoy where we are
(kita terlalu sibuk mengawasi apa yang ada didepan dan gak pernah ngambil waktu buat nikmatin dimana kita sekarang)


days go by and we hardly notice them. life becomes a blur
(hari-hari berlalu dan kita susah merhatiinnya. hidup jadi suram)


often it takes some calamity to make us live in the present.
(seringkali harus mengalami beberapa bencana biar kita bisa hidup dihari ini)


then suddenly we wake up and see all the mistakes we've made. but it's too late to change anything. 
(dan tiba-tiba kita terbangun dan melihat semua kesalahan yang pernah kita buat. tapi udah terlambat buat ngerubahnya.)


it's like... it's like..
(ini seperti... seperti...)


it's like what?
(seperti apa?!)


it's like something i just can't think of it.
(ini seperti sesuatu yang gak bisa gue pikir.)


***
saya suka "Calvin And Hobbes". kritik sosialnya gak bikin orang ribut, pesan moralnya gak bikin ngantuk, dan humor in every panel of the strip.


ini salah satu strip lama. "Calvin and Hobbes" gak dibikin lagi ama creatornya Bill Watterson. tapi pesan-pesan moral yang dibuatnya menjadi lucu itu gak terlupakan. unforgetable-lah bahasa kerennya-mah.

saya, cuman berandai-andai...

andai aja kita bisa menyampaikan kebaikan tanpa harus adu nafsu. nafsu kan jauh lebih enak kalau disalurin ke lawan jenis makanan.

lagipula meskipun kita merasa benar. belum tentu orang akan sepaham. karena otak (pemikiran) setiap orang kemungkinan besar berbeda.

saya benar, kamu juga gak salah. yuk lanjut!

[Garis Horizon] orang tua kita pasti sering ngajarin budi pekerti alias tata krama. bahkan jauh-jauh hari sebelum masuk sekolah formal seper...

[Garis Horizon] orang tua kita pasti sering ngajarin budi pekerti alias tata krama. bahkan jauh-jauh hari sebelum masuk sekolah formal seperti SD. gak peduli orang tua mau kaya atau miskin harta. budi pekerti pastilah jadi suapan sehari-hari yang diberi orang tua.

sering kan mendengar kalimat "makanannya habisin ya!" dari ibu kita. sebenernya itu kan bisa aja tersembunyi kalimat lain yang bunyinya akan seperti "syukurilah rejeki yang tuhan berikan padamu nak". intinya kita lagi diajari budi pekerti. yang mungkin tak pernah disadari sebelumnya.

tapi koq yaa.. pelajaran bertahun-tahun dari orang tua itu jarang banget dijumpai oleh manusia yang berumur kepala satu, dua, tiga bahkan empat keatas juga sama aja. *btw, kenapa sebutan untuk umur puluhan diganti "kepala" ya?*.

jadi, hari minggu kemaren tepatnya tanggal 25 desember 2011, saat saya lagi duduk ganteng dihalte bus depan semanggi. datanglah cowok berbaju merah dengan muka yang polos kering. saya gak kenal dia.

fyi, tempat duduk halte udah penuh. nyisa dikit doang dibagian kanan saya. sedangkan saya posisi duduk paling kiri. eh, tanpa permisi, tanpa nyapa, gak pake basa-basi. bleg! aja tu cowok duduk dibagian kecil yang kosong itu. saya yang paling kiri kan langsung nyisa seperempat pantat buat duduk. akhirnya saya bangun dong. masa rebut-rebutan kursi.

dan yang paling bikin saya tambah kesel, abis saya berdiri. dengan tanpa dosa dia sandaran ama tiang kiri yang tadinya saya duduki. keki sama perlakuan ini, saya gak abis akal. saya ambil HP, siapkan fasilitas kamera, click! and i blog it!


dia duduk tanpa permisi dan menempati tempat saya
btw, saya gak akan selebay ini loh kalau tu cowok bilang permisi dulu buat ngambil tempat duduk saya. enak kan kalau dia ngomong gini dulu sebelum duduk :
"maaf mas, boleh saya duduk disana, kata dokter saya gak boleh berdiri. nanti bisulan."

"err.. sudahlah, mari kita lupakan" Arif Chasan, seseorang yg lagi ngambek karena hak duduknya dirampas semena-mena.

[Garis Horizon] pernah terpikir untuk hidup kaya? saya pernah. sering malah. dengan uang puluhan juta disaku. dan ratusan juta lainnya tersi...

[Garis Horizon] pernah terpikir untuk hidup kaya? saya pernah. sering malah. dengan uang puluhan juta disaku. dan ratusan juta lainnya tersimpan aman di bank. siapa sih yang gak mau?

cara kunonya sih ya tinggal usaha.. modal.. bikin produk.. jual.. bla.. bla.. bla..

kalo beruntung, kurang dari sepuluh tahun produk kamu udah terkenal, omset milyaran dalam setahun, punya ratusan tenaga kerja, poligami, dan tuntut konsumen yang komplen atas produk kamu dengan tuduhan pencemaran nama baik. *lost focus
err... intinya kamu sukses.

tapi gimana kalo gak beruntung?

skenario terburuknya, kamu dikejar-kejar debt  collector, didemo pegawai karena belum juga membayar pesangon, istri kabur, dan baygon serasa wine berumur ratusan tahun. ironis.

hmmm.... untuk menghindari skenario terburuk itu, saya baru aja nemuin cara baru buat bikin kita kaya hari ini juga. caranya? follow these steps

  1. siapkan HP berpulsa.
  2. hubungi nomor telepon  (202) 324-3000
  3. kalau diangkat, bilang kalo kamu tahu alamat Victor Manuel Gerena. bilang aja lagi di Tanah abang lagi jual baju.
  4. ok, ini gak serius.
tapi bener loh, kalo kita serius. kita bisa dapetin 100.000 sampai 1000.000 dollar amerika. 

trus, kalo kebeneran ada foto tetangga kamu, tinggal kasih tau aja alamatnya. gampang. dan duitnya banyak banget. ($_$)

dibawah ada beberapa screenshot yang mungkin salah satunya adalah tetangga kamu.





[Garis Horizon] Madrasah Tsanawiyah (disingkat MTs) adalah jenjang dasar pada pendidikan formal di Indonesia, setara dengan sekolah meneng...

[Garis Horizon] Madrasah Tsanawiyah (disingkat MTs) adalah jenjang dasar pada pendidikan formal di Indonesia, setara dengan sekolah menengah pertama, yang pengelolaannya dilakukan oleh Departemen Agama. Pendidikan madrasah tsanawiyah ditempuh dalam waktu 3 tahun, mulai dari kelas 7 sampai kelas 9. bla.. bla.. bla.. 

kalo mau lanjut baca tentang Madrasah Tsanawiyah, klik aja wikipedianya di sini. saya hanya akan bercerita sedikit tentang sekolah agama sederajat SMP *begitu saya menyebutnya* itu.

saya pernah bersekolah tiga tahun di MTs Negeri Subang. sesaat setelah lulus SD, orang tua langsung mendaftarkan saya ke sekolah itu. "biar paham agama" kata bapak saya waktu itu.

hari pendaftaran dipagi hari sepi. cuman ada saya dan tiga orang lainnya yang duduk menunggu didaftarkan orang tuanya masing-masing. tanpa testing, tanpa wawancara, dan tanpa ada kesulitan sama sekali. saya langsung berstatus siswa MTs Negeri Subang saat itu juga. hmmm

saya masih keliling-keliling sendirian liat-liat bangunan yang nantinya akan saya gunakan sebagai tempat belajar saya selama tiga tahun itu. dan bapak saya sudah pulang duluan. sebagai PNS ia mau melanjutkan kerjanya sepertinya.

tepat sebelum jam dua belas. saat saya duduk di teras mushola. tiba-tiba keadaan jadi riuh. ada ratusan calon siswa baru yang ingin mendaftar. "woah hebat, banyak banget peminatnya". batin saya waktu itu.

***

ironic, mungkin itu kata yang pas setelah mendengar cerita teman-teman sekelas saya setelah beberapa bulan kegiatan belajar mengajar dimulai. mereka bercerita kalau sebenarnya mereka terpaksa masuk MTs. mereka memasukkan MTs kedalam pilihan ketiga mereka saat mendaftar ke sekolah lanjutan tingkat pertama. alias memang tidak ada pilihan lain.

iya, mereka awalnya tidak diterima oleh SMP yang menjadi pilihan pertama mereka. mereka bahkan tidak diterima SMP pilihan keduanya. jadilah MTs sebagai pilihan akhirnya. "daripada gak sekolah" kata teman saya. saya bengong.

dan saya baru ngeh kalau itulah alasan mereka baru mendaftar ke MTs di jam-jam siang mendekati sore.

dan ada satu lagi mindset di kepala orang tua tentang MTs. yaitu sebagai bengkel tempat memperbaiki anaknya yang rusak moral. atau bahasa lembutnya "nakal".

dan asal tau aja wahai orang tua, anggaran daerah yang dialokasiin buat MTs tuh gak sebanyak SMPN populer *setidaknya di tempat saya*. terbukti dengan sedikitnya tenaga guru, bangku reyot, dan atap bocor. HAH!

jadilah MTs itu :

  1. dipenuhi siswa yang bahkan tak ingin belajar di MTs
  2. dipenuhi siswa yang nakal alias rusak moral
  3. keterbatasan sarana yang diikuti oleh membludaknya siswa *dimana MTs tidak pernah menolak siswa - lha wong pilihan terakhir*
  4. banyak siswa yang dikeluarkan ditahun keduanya. *mengacu pada point 1 dan dua*.
well, saya berterima kasih pada orang tua yang memasukkan anaknya ke MTs bukan karena alasan "tidak ada pilihan lain" dan "anaknya rusak moral". 

kasian sama gurunya. 

[Garis Horizon] BeTe berat ketika bandwidth yang kita sewa habis gara-gara BOT spam yang gak jelas juntrungannya. emang sih gak signifikan...

[Garis Horizon] BeTe berat ketika bandwidth yang kita sewa habis gara-gara BOT spam yang gak jelas juntrungannya.

emang sih gak signifikan. tapi ya kalo sampe dikirim ratusan komentar perhari berisi link-link gak jelas ya jadi dongkol juga kan akhirnya.

untung aja mesin wordpress itu lumayan canggih. jadi kalo ada komentar yang dicurigai sebagai spam. gak otomatis diterbitin. tapi nunggu dulu moderasi saya sebagai empunya.

ini web admin saya :

klik gambar biar agak jelasan dikit

tapi koq masih aja ada yang lolos ya?
kayak screenshot dibawah :

kalo mau gedein gambarnya, klik aja
akhirnya saya edit juga tuh komentar sampah jadi kayak gini.

oh ya, itu blog knowledge base saya yang dihosting dan domain berbayar. kalau ada yang mau ngintip atau sukur-sukur mau belajar hal baru. silahkan tengok aja di alamat http://belajaropenlayers.com/


any advice welcome

[Garis Horizon] perasaan saya sekarang lagi campur aduk. yang pasti sih lagi gak bener. nyesek. dan lebih kerasa sesak nafas kalo dibayangin...

[Garis Horizon] perasaan saya sekarang lagi campur aduk. yang pasti sih lagi gak bener. nyesek. dan lebih kerasa sesak nafas kalo dibayangin. antara ngerasa bodoh dan gak guna.

errr...

butuh sebuah karya lebih jika ingin bersikap bodoh tapi tidak terlihat bodoh -Arif Chasan

[Garis Horizon] err.. sudah pasti judul postingan saya hari ini menjadi judul standar dari ratusan blogger yang posting dihari ini. bukannya...

[Garis Horizon] err.. sudah pasti judul postingan saya hari ini menjadi judul standar dari ratusan blogger yang posting dihari ini. bukannya ikut-ikutan. tapi emang lagi pengen ngomongin aja. soalnya banyak banget yang ngomongin. *ini namanya ikut-ikutan Arifffff*

ngomong-ngomong soal ngomongin *nadanya enakeun euy*. sebenernya gak ngomongin secara langsung juga sih. temen kantor diem-dieman. sama temen kosan juga ngobrolnya standar-standar aja.

kayak "mau sarapan apa kita?"
atau "kerjaan lo apa hari ini?"
atauu "rif, kamu gantengan ya hari ini".

iya, obrolan terakhir emang rekayasa. 

tapi ya itu, entah cuman disini atau di yang lain juga sama aja. orang-orangnya gak ada tuh yang ngomongin. yang rame ya cuman disana.. iya disana.. aplikasi web bernama facebook dan twitter. 98 persen penggunanya pada ngomongin. dan terimakasih pada jejaring sosial itu, kalau Mark Zuckerberg sama Jack Dorsey nggak ada, dipastikan seseorang bernama Arif Chasan akan lupa dan tidak tahu kalau 22 Desember adalah hari ibu.

contohnya :
klik biar gambarnya gedean dikit

dan status facebook saya hari ini adalah :


mumpung momennya pas, yuk ucapin "Selamat hari ibu" langsung ke ibu kita. makin kerasa kan momen hari ibunya.. X)

selamat hari ibu.. ibuku sayang... x')

this is how i am living.. tidur diatas jam 12, bangun kurang dari jam 5, dan tidur lagi. sering menguap di siang hari sepanjang hari d...

this is how i am living..
  1. tidur diatas jam 12, bangun kurang dari jam 5, dan tidur lagi.
  2. sering menguap di siang hari
  3. sepanjang hari duduk depan laptop, hanya bergerak di 5 waktu solat
  4. kerja bisa mencapai 13 jam lebih sehari
  5. selalu kejar-kejaran dengan deadline
  6. jarang ada waktu untuk rehat. termasuk sabtu dan minggu 
  7. perasaan emosi, kesel, dongkol, semuanya dimakan bulat-bulat. nyesek
  8. nggak ngerokok, ngebir apalagi nyimeng. tp tetep aja letoy
  9. lagi kerja pengen tidur. saat tidur ngimpiin kerjaan.
err.. tentu aja list itu dipenuhi metafora dan cenderung lebay.. tapi yaa.. seperti itulah kehidupan saya sekarang.. tidak sehat dan menyedihkan..

ah sudahlah..


[Garis Horizon] pernah saya baca artikel motivasi yang sekarang banyak banget dikopas sama blog ataupun thread kaskus. ceritanya bagus. tapi...

[Garis Horizon] pernah saya baca artikel motivasi yang sekarang banyak banget dikopas sama blog ataupun thread kaskus. ceritanya bagus. tapi intinya, hidup akan sangat indah dikala kita bisa mencintai apa-apa yang kita kerjakan.

well, here we go :


sedikit tentang pekerjaan saya :
  1. saya seorang programmer
  2. deadline itu sahabat sejati saya 
  3. masuk pukul sembilan pagi dan pulang sering diatas jam 10 malam
  4. menjadi programmer membuat saya kurang tidur dan selalu terbangun dengan kepala pusing
  5. libur adalah sesuatu yang mahal
  6. bahkan ketika liburpun kepala ini tetap memikirkan pekerjaan yang belum beres
  7. kadang selalu dibikin ruwet oleh permintaan aneh dari user
  8. pekerjaan saya membuat kantung mata saya menghitam dan menguap dikala jam makan siang
buruk ya pekerjaan saya?

tapi entah kenapa saya sangat menikmatinya dan tetap bisa tersenyum saat mengerjakannya.


i am trully falling in love with my job... 

[Garis Horizon] rahasia segitiga bermuda sudah terkuak dan terbuktikan. tidak perlu lagi ada asumsi, perkiraaan, atau bahkan konspirasi meng...

[Garis Horizon] rahasia segitiga bermuda sudah terkuak dan terbuktikan. tidak perlu lagi ada asumsi, perkiraaan, atau bahkan konspirasi mengenai hal ini. jurnalnya sudah ditebitkan diseluruh dunia dan dipastikan keakuratannya. seluruh manusia yang hidup dibumi ini akhirnya tahu dan meyakini bahwa disegitiga bermuda-lah organisme hidup mirip manusia bermarkas. mereka berasal dari galaksi lain yang berjarak jutaan tahun cahaya. kita panggil saja mereka Alien.

disaat yang hampir sama, puluhan manusia terpintar yang sekarang hidup dibumi membentuk sebuah grup penelitian mutakhir yang sudah berjalan hampir lima tahun. dengan segala sumber daya dan kemampuan yang mereka miliki. mereka berhasil menemukan dan memastikan adanya planet biru lain selain bumi. planet indah dengan kandungan 80% air. mirip sekali dengan bumi. entah itu diameternya, suhu, kandungan alamnya, dan tentu saja kemiripan itu juga berlaku untuk penghuninya.

keyakinan manusia akan kehidupan diluar bumi semakin kuat dikala grup peneliti tersebut mengembangkan pesawat super canggih yang mampu menembus galaksi lain diluar bimasakti dengan kurun waktu kurang dari tiga bulan. dengan mengirimkan beberapa astronot berdedikasi tinggi. mereka mengambil puluhan bahkan ratusan foto kehidupan planet lain yang mirip bumi tersebut.

dalam gambar-gambar yang berhasil dikirimkan oleh astronot tersebut. kita menyadari dan meyakini adanya makhluk yang sama cerdasnya dengan manusia bumi. mereka bekerja dengan mesin berbahan bakar, mempunyai alat tukar untuk "membeli" barang, bahkan hal yang serupa dengan internet pun mereka sudah miliki.

dan.. dengan penelitian bertahun-tahun itu akhirnya kita sudah tau fakta-faktanya. bahwa kita tidak sendiri, ada kehidupan lain di luar galaksi bimasakti, dan tentu saja kehidupan yang sama cerdasnya dengan manusia bumi. setelah kita mengetahui dan meyakini ini, tertinggal satu pertanyaan yang mengganjal dihati saya.  

what's next?

kalau saya yang jadi pemimpin manusia bumi sih, invasi aja planet itu. bumi udah pengap. ambil semua sumber dayanya, kirim pasukan elit buat babat habis persenjataannya, atau kalau perlu, kita jajah aja buat kemakmuran manusia bumi. toh, undang-undang semesta belum dibikin. sama aja kayak belanda ngejajah indonesia. gak ada yang bersalah disini.


[Garis Horizon] ciri-ciri dari sebuah keluarga adalah kehangatannya. meskipun domisili yang jauh, jarang bertemu atau bahkan baru bertemu ha...

[Garis Horizon] ciri-ciri dari sebuah keluarga adalah kehangatannya. meskipun domisili yang jauh, jarang bertemu atau bahkan baru bertemu hari itu juga. sebuah keluarga akan tetap terasa hangat.

dan kemarin, tepatnya 15 Desember 2011 malam. kehangatan sebuah keluarga maya dipertemukan di foodcurt semanggi. Blogfam!!!



yang saya udah tau dan kenal sih baru Ibu Indah, Mbak Lea (Macan Gadungan), sama Mas Gozali (Alarix). sisanya? saya kenalan disitu juga. :)


ada yang aneh dengan foto-fotonya? saya ngerasanya sih iya.. lihat cowok yang seperti anak hilang paling muda dan sedikit cakep? iya itu saya. dan sepertinya saya anak bungsu di keluarga maya ini. XD


dan saya senang menjadi bagian dari keluarga yang hangat ini... :)

[Garis Horizon] kadang, hidup emang terlalu didramatisir. saya mengakui itu. dan saya juga mengakui kalau real life jauh lebih dramatic dar...

[Garis Horizon] kadang, hidup emang terlalu didramatisir. saya mengakui itu. dan saya juga mengakui kalau real life jauh lebih dramatic dari novel roman ratusan halaman. atau dalam bahasa lainnya. lebay.

hal semacam itu udah makin gampang dikenali. buka aja Facebook. aplikasi web sejuta umat yang dijamin isinya tak jauh dari curhat sampai info cuaca.

dan satu lagi media yang makin menunjukkan bahwa hidup ini memang lebay dan penuh dramatisir. diri sendiri. atau paling nggak seseorang bernama Arif Chasan mengakuinya.

damn, i wish i can burn that "lebay" thing. so i can life in a normal way... 

OOT: tau tragedi mesuji? dimana uang lebih berharga dari puluhan nyawa manusia? that means "lebay" in other way... :(

[Garis Horizon] yups! Call me moron! seseorang yang sering berbohong, tanpa karya, dan entah kenapa masih diizinkan hidup sampai saat ini. ...

[Garis Horizon] yups! Call me moron! seseorang yang sering berbohong, tanpa karya, dan entah kenapa masih diizinkan hidup sampai saat ini.

dalam suasana senja mendung di lantai sebelas. jingganya matahari dan penatnya keadaan yang saya lalui hari ini. cukup untuk membuka memori lama dan melakukan flashback beberapa tahun kebelakang.

dan judul postingan inilah yang pertama kali terucap ketika otak saya kembali mengorek onggokan memori yang terendap didalamnya.

haha, what a moron life i did in the last couple years... lamunan tanpa batas ini membawa saya pada masa-masa totally moron. lucu sih. tapi bikin eneg.

congkak, pembohong, sok tahu, dan puluhan sifat memalukan lainnya sempat dan mungkin sekarang masih saya sandang.

dan satu sifat yang pernah saya miliki, jujur, saya benci dan menyesal telah memiliki sifat itu.

"menyia-nyiakanmu"

sifat yang paling saya sesali dalam 19 tahun hidup saya. call me moron, won't you?

*a short note for you, someone in my past...


[Garis Horizon] Untuk ia yang diharapkan namun berakhir bias untuk ia yang berima dalam keheningan untuk ia yang menjadikan kekaguman s...


[Garis Horizon] Untuk ia yang diharapkan namun berakhir bias
untuk ia yang berima dalam keheningan
untuk ia yang menjadikan kekaguman sebagai candu
untuk ia yang beralaskan rindu dan beratapkan harap
untuk ia yang bersenandung sepi
untuk ia yang berbicara dengan diam
dan untuk ia yang memastikan kecewanya dalam berangan

jujur saja, hidup itu memang bukan fiksi. dimana good ending adalah kepastian. kecewa, sedih, dan terjatuh adalah nyata. dan pasti berulang-ulang.

dimana harapan terasa begitu jauh. kesuksesan serasa mustahil. dan perihnya hati merupakan nadi yang sangat dekat.

jangankan merasa puas. sedikit saja hati ini merasa tenang. tak lebih dari satu hentakan waktu. semuanya kembali datar. semua kembali kedalam pangkuan penyesalan dan kesakitan.

haha.. manusia emang gak ada yang sempurna.. tapi justru kita akan melihat manusia sempurna ketika kita mencintainya...

just a simply question, sudahkah kita mengucapkan "I Love you" untuk ia yang sempurna itu dihari ini?

[Garis Horizon] Blogfam a.k.a Blogger family sudah hadir merecoki dunia maya sejak 8 tahun lalu. saya sendiri baru tahu dan join ke keluarga...

[Garis Horizon] Blogfam a.k.a Blogger family sudah hadir merecoki dunia maya sejak 8 tahun lalu. saya sendiri baru tahu dan join ke keluarga ini sekitar 1,5 tahun yang lalu. iyaa. saya tahu kalau saya telat bangeet.

yang bikin tambah menyedihkan buat saya, dalam 1,5 tahun itupun ada kali sekitar 5 bulan saya gak pernah login lagi dan menyapa anggota aktif dalam keluarga yang hangat ini *keliatan betapa kampringnya Arif Chasan dalam keluarga Blogfam*

dan, berhubung hari ini tanggal 6 desember 2011 Blogfam ngerayain ultahnya yang ke 8 (tanggalnya beda 2 hari euy sama ultah saya). juga berhubung saya masih belum punya ipod shuffle. saya dengan tampang tak berdosa dan tak tahu malu memutuskan untuk mengikuti lomba Blog Entry HUT Blogfam yang ke 8.

katanya, cara ikutannya sih gampang, bikin postingan bebas asal temanya "Harapan dan Usulan kamu untuk kemajuan Blogfam". tapi menjadi gak segampang itu kalau ternyata pesertanya Blogger keren semuanya.. member Blogfam gitu loh.. *berasa minder

***
here we go, saya orang jawa tengah, tumbuh di Subang dan sekarang kerja di Jakarta. di keluarga kami, ada tradisi dimana setiap lebaran idul fitri dalam jangka dua tahun sekali, semua anggota keluarga besar kami (yang jumlahnya mencapai ratusan) yang merantau berkumpul kembali dikampung halaman.

perasaannya? adem abis. bayangin aja, setelah dua tahun memiliki hidup masing-masing. keluarga kita akhirnya berkumpul kembali dalam suasana kampung yang nostalgic. ngobrol, maen gapleh, ngerumpi, ngegosip, jalan-jalan. asik. karena kami sedang bersama keluarga. dan tentu saja, harapan saya juga sama pada keluarga Blogfam.

usulannya juga gak jauh-jauh banget, saya cuman pengen banget member Blogfam kumpul-kumpul (aja). karena yang saya tahu, member Blogfam itu udah pada loyal. seneng kan kalau kita bisa ngerumpi, nulis ide (yang nantinya) dibukukan, arisan, atau mungkin bikin tim futsal. dan lagi, pasti akan lahir ide-ide atau usulan segar ketika kita sedang "kumpul".

iya, harapan dan usulan saya emang terlalu simple dan gak luas. "kumpul". itu aja. karena bagi saya, keluarga tanpa pertemuan itu kurang banget. dan lagi, saya sudah merasa, kalau Blogfam memang udah menjadi keluarga saya.

realisasinya, mungkin kalau nanti ditindak lanjuti. Blogfam punya tempat khusus. istilah formalnya kantor. tapi gak seformal itu juga, yang penting kita bisa kumpul. lesehan, atau kalau kebetulan lewat nanti bisa sekedar minta minum.

atau bisa juga kemping, gitar-gitaran ditengah hutan, nyanyi, ngelilingin api unggun, pasti suasana kekeluargaan Blogfam makin terasa deh.. yah, intinya cuman "ngumpul". itu aja...

eniwei, Selamat Ulang Tahun Blogfam...

[Garis Horizon] andai kita bisa ngerti obrolan ayam yang ada dipeternakan. mungkin kurang lebih akan seperti ini: Ayam Gaul : bro, hidup...

[Garis Horizon] andai kita bisa ngerti obrolan ayam yang ada dipeternakan. mungkin kurang lebih akan seperti ini:

Ayam Gaul : bro, hidup kita enak ya..
Ayam Alay : enak gimana maksud loooooh?
Ayam Gaul : ya enak aja, kita gak perlu bayar biaya rumah segede ini..
Ayam Alay : bener juga lo, makanannya juga gratis, kita beruntung ya bro

yah, kedua ayam malang ini gak tau aja kalo akhirnya mereka gede, nanti bakalan dijual dan ngasih keuntungan buat seseorang yang memberi mereka rumah dan makanan.

dan saya cukup yakin percakapan seperti itu terjadi disemua hewan ternak yang hidup. dan termasuk kita...

ok, jangan marah dulu, saya gak bilang kita itu hewan.. yang saya maksud itu, posisi kita sekarang bisa diartikan sejajar dengan hewan ternak.

gimana bisa gitu? jadi begini..

kita tau kan apa itu blogger.com, wordpress.com, facebook.com, twitter.com, dan sejuta layanan gratis lainnya yang tersedia di rimba maya ini. dan kita, dengan nyaman menyebut diri kita "Pengguna".

layanan-layanan tersebut memberikan semua fitur terbaik mereka. melakukan pengembangan-pengembangan, dan memberikan kita pelayanan terbaik.. dengan gratis.... seperti ayam yang tadi...

daaaan, di mata para pembuat layanan ini, saya yakin mereka, dengan membawa nama kita, menjual kita pada perusahaan sponsor untuk membuat keuntungan tersendiri untuk mereka.

kan si Mark Zuckenberg tinggal bilang "saya punya website pertemanan dengan anggota lebih dari 200 juta, wani piro?"

that's all what i am thinkin' about it. don't be so serious..

[Garis Horizon] " ilmu tuh kayak air, kalo diem terus didalem otak kamu, nanti bisa keruh. tapi kalo dialirin ke otak yang bukan mil...

[Garis Horizon] "ilmu tuh kayak air, kalo diem terus didalem otak kamu, nanti bisa keruh. tapi kalo dialirin ke otak yang bukan milik kamu, senantiasa ilmu kamu bakalan jernih". yups, ilmu tuh emang istimewa, serajin apapun kita ngasihin ke orang. kuantitasnya gak akan pernah berkurang, malah mungkin nambah nempel diotak karena sering diulang-ulang.

sebenarnya saya pengen sekali ngamalin apa yang dia omongin, ngalirin ilmu dari satu otak ke otak lain. caranya sebenernya banyak, salah satu opsinya yaitu berdiri didepan banyak orang dan ngalirin ilmu kita disana, selain cepat juga emang efektif. dan bagi saya, itu adalah mustahil....

gimana gak mustahil coba, didepan tiga bocah playgroup aja, kalau saya ngomong, pasti saya langsung gagap. apalagi didepan banyak orang. onderdil yang nempel ditubuh dikhawatirkan rontok semua. plus mimisan dan tiga liter air keringat dingin.

opsi lainnya dengan menulis. saya cukup pede dengan ini. dan ini sudah saya jalani lebih dari dua tahun sebagai blogger. tapi ya.. gimana ya? agak gak sreg juga sih. 97,89 persen postingan saya adalah tulisan gak penting dan ngawur. jadi untuk transfer ilmu, mungkin tulisan saya gak pernah nyangkut di otak pembacanya. atau  mungkin tulisan saya diblog ini gak ada ilmunya.

maka dari itu, saya bikin satu web lagi yang isinya insya Allah gak ada curhatan dan hal-hal gak penting. isinya adalah knowledge base saya sesuai yang saya pelajari dijakarta ini selama lebih dari empat bulan (dan masih berlanjut).

so, lemme introduce you to http://belajaropenlayers.com, website tutorial bahasa indonesia bagi yang ingin belajar web mapping atau web gis seperti google maps, yahoo maps, openstreetmaps dll. isinya masih baru beberapa postingan, insya Allah saya akan konsisten 1 hari 1 posting disana.

do'a saya sih simple, moga aja ilmunya bisa mengalir dari satu otak ke otak lainnya... bismillah...  :)

[Garis Horizon] kalau ada artikel-artikel motivasi yang selalu bilang kalau hidup ini keras. jalanan menuju masa depan itu berliku. dan a...

[Garis Horizon] kalau ada artikel-artikel motivasi yang selalu bilang kalau hidup ini keras. jalanan menuju masa depan itu berliku. dan arus yang deras dimana kita harus memilih antara mengikuti atau melawannya. saya cuman mau bilang kalau itu *sialnya* benar.

tiga bulan lebih di Jakarta saya sudah sedikit merasakan itu. dimulai dari sikap terang-terangan pesaing yang ingin menjatuhkan, user yang terkesan tidak ingin mereleasekan aplikasi yang kita buat, hingga tester yang ngajakin bacok-bacokan. kumplit. dan tentunya hari-hari seperti itu kemungkinan besar akan saya hadapi lagi, atau mungkin malahan lebih complicated.

tapi yah, bagaimanapun juga hujan kan ada reda' nya, malem juga ada siangnya, dan secapek apapun nanti akhirnya digaji juga. :D

hidup emang gitu koq. simple. kalau Han di 2 Fast 2 Furius bilang sih "hidup itu simple. kamu buat keputusan. dan jangan lihat kebelakang".

dan bagi saya sih, jalani aja hidup seperti biasa. kita boleh mengeluh, marah, bahkan putus asa. tapi inget juga, manusia itu dinamis, hari ini boleh putus asa, dan gak dosa atau memalukan kalau besoknya kita semangat lagi.. iya kan?

1. Itachi Uchiha dalam seri naruto, ada seorang tokoh yang bernama Itachi uchiha. ia digambarkan sebagai seseorang  yang dingin dan dik...

1. Itachi Uchiha
dalam seri naruto, ada seorang tokoh yang bernama Itachi uchiha. ia digambarkan sebagai seseorang  yang dingin dan dikenal sebagai penghianat desa karena telah membantai semua anggota keluarganya yang juga terkenal sebagai klan Uchiha. ia lari dari desa dan menjadi buronan nomor satu dunia ninja.


2. Severus Snape
tak diragukan lagi, dalam sekuel pertama hingga ketujuh part 1. ia adalah tokoh yang dianggap jahat oleh harry potter, dalam ketujuh bukunya, Joanne Kathleen Rowling menceritakan bahwa Snape adalah sosok dingin yang tak berperasaan. hingga akhirnya ia membunuh Albus Dumbledore diatas menara dan disaksikan langsung oleh harry. 




3. Batman - The Dark Knight
ia memang tokoh utama yang berusaha menjatuhkan kejahatan di Gotham city, tapi didalam ceritanya, ia dianggap sebagai penjahat yang main hakim sendiri baik oleh warga maupun polisi Gotham. ya, mereka membenci batman. semua orang yang diperjuangkan kesejahteraannya oleh batman berbalik membalasnya dengan kebencian dan olok-olok.



semua cerita yang saya paparkan diatas memang diambil dari film, latar, dan tokoh yang jauh berbeda. Tapi, saya pribadi, merasa kagum dengan sifat mereka. kenapa?

kita lihat itachi.
ia membunuh seluruh anggota keluarganya bukan tanpa maksud. ia membunuh semuanya karena keluarganya sudah memiliki rencana yang matang untuk mengkudeta hokage(pemimpin) yang sekarang sedang menjabat. keluarganya akan menyerang seluruh desa dan mengambil alih kekuasaan. lalu, apa yang itachi lakukan? ia membunuh ayah, ibu, saudara, bahkan perasaannya sendiri untuk menyelamatkan desa dan tentunya menyelamatkan lebih banyak nyawa penduduk desa tersebut. 

lalu severus snape? 
setelah membaca atau menonton harry potter Deathly Hallow part 2 pasti kamu sudah tau jawabannya. ya, semua yang snape lakukan adalah demi harry potter dibawah perintah dumbledore. ia membunuh dumbledore agar menjadi kaki tangan voldemort dan akhirnya, jika tanpanya, harry potter sudah dipastikan tak akan selamat dalam peperangan antar dua kubu penyihir tersebut.

dan kita tahu batman
ia tetap melindungi gotham dan mengorbankan nyawanya untuk penduduk gotham. meski seluruh rakyat gotham berbalik membencinya.

keren kan? mereka yang dianggap penjahat sebenarnya adalah pejuang yang mengorbankannya nyawa untuk orang lain yang membencinya. mereka nggak memproklamirkan diri sebagai pahlawan. mereka bekerja dibawah bayangan dan tanpa pamrih. tanpa ada yang tau kesakitan hatinya, tanpa ada yang tau perjuangannya, dan tanpa ada yang tau hidupnya seperti apa. 

man,  i wish i have a golden heart just like them... *smile*

[Garis Horizon] tau film 300? mengisahkan rakyat spartan yang terlahir kuat dan atletis. atau film-film kolosal hollywood seperti Troy ...

[Garis Horizon] tau film 300? mengisahkan rakyat spartan yang terlahir kuat dan atletis. atau film-film kolosal hollywood seperti Troy mungkin? atau mungkin film fiksi terkenal the lord of the rings? yah, intinya saya ingin menggambarkan film-film bertemakan kerajaan yang sangat kuat dan besar.

saya memang penyuka film hollywood. apalagi kolosal yang ada perang-perangnya. yang bacok-bacokkannya pake pedang bukan pake pistol. ada satu hal yang selalu jadi sorotan saya dalam setiap film-film tersebut. yaitu rajanya.

benar. seorang raja penuh wibawa yang apabila bertatap muka dengan rakyatnya maka tanpa komando rakyat tersebut berlutut penuh hormat. bukan karena paksaan. tapi memang wibawanya yang tinggi dan saya rasa, rakyatnya sangat bangga dipimpin olehnya.

dan setelah 18 tahun hidup diindonesia, saya baru sadar kalo pemimpin memang harusnya seperti itu. *pause 2 seconds* kan?

saya jadi bermimpi, entah kapan, indonesia akan memiliki pemimpin yang :
  1. apabila sedang melakukan kunjungan. maka sanjungan dan tepuk tangan bangga yang menyambutnya. bukan malah dicegat oleh demonstran yang menginginkannya mundur.
  2. ketika sedang berpidato, seluruh rakyat yang mendengarkannya dadanya bergetar dan bangkit semangatnya. tak ada kritik, yang ada sanjungan. dan itu berbeda sekali dengan makian dan teriakan "MUNDUR!" yang sekarang nyaring sekali terdengar.
  3. rakyat bisa dengan bangga mengatakan "Dia adalah presiden saya! dan saya bangga dipimpin olehnya". sekarang, dari lubuk hati yang paling dalam, coba deh bilang gitu.... bisa? :D
still dreaming...


[GarisHorizon] baru kemarin saya memperbarui link " Tentang Arif ", disitu saya menulis ulang perjalanan hidup saya secara sing...

[GarisHorizon] baru kemarin saya memperbarui link "Tentang Arif", disitu saya menulis ulang perjalanan hidup saya secara singkat. setelah dipikir-pikir dan baru saya sadari, sudah hampir 18 tahun saya hidup didunia penuh polusi ini. tentu saja ini bukanlah waktu yang singkat. akan tetapi, saat ini saya sedang berada dikantor dan sedang menjalani tangga karir saya sebagai seorang IT Programmer.

saya belum kuliah, saya hanya seorang lulusan SMK jurusan komputer tahun ini. saya hanya sedikit beruntung dan langsung diterima menjadi seorang karyawan sebuah perusahaan yang berdomisili di Ibukota negara ini. hingga akhirnya, saya memulai torehan cerita baru sebagai seorang anak perantauan yang mengais rejeki dikota megapolitan.

baru sekitar tiga bulan saya menjadi perantauan dan hidup dengan uang sendiri. untuk seorang anak kemarin sore yang baru lulus sekolah lanjutan tingkat atas. tentu saja saya merasa bangga. rasa bangga dimana saya sudah *sepertinya* tidak lagi menjadi beban kedua orang tua saya yang sekarang berada di Subang. 

yah, sepertinya inilah hidup. saat ini saya hanya sedang menoreh kisah diatas pelepah kehidupan. dimana pastinya, jika saya masih diberi umur untuk hari-hari kedepannya, saya mungkin bisa mencapai tangga tertinggi. dimana saya nanti bisa dengan ringan mengatakan kepada mereka yang sempat mengenal saya. "inilah Arif Chasan yang kamu kenal dulu". *smile*

[GarisHorizon] sudah tiga bulan ini saya merantau keibukota mewah nan megah ini. untuk meraup tetesan rejeki dengan keringat kering dan p...

[GarisHorizon] sudah tiga bulan ini saya merantau keibukota mewah nan megah ini. untuk meraup tetesan rejeki dengan keringat kering dan peluh yang seolah-olah menari diatas tubuh *kalimat lebay ini bukan kesalahan monitor anda*.

satu hal yang membuat saya bersyukur ketika hidup dikota megapolitan ini adalah transportasi umumnya. dengan dua ribu perak, kita bisa berkeliling jakarta dengan lancar. bahkan dalam keadaan macet parahpun, kendaraan ini tetap bisa melaju menerobos keramaian jalanan. saya benar-benar acungkan jempol untuk supirnya, dengan membawa kendaraan sebesar itu, ia bisa meliuk-liukkan badannya dengan lihai sehingga masih bisa tetap bergerak meski jalanan saat itu sangat tak bersahabat.

ada fakta-fakta menarik yang saya temukan ketika sedang menggunakan jasa metro mini ini. dan tanpa perlu ba-bi-bu lagi, langsung aja kita bahas ya *kalimat ampuh buat yang malas ngerangkai kata*

1. Supir Metro Mini adalah seorang professional
gimana nggak professional, dalam keadaan macetpun mobil sebesar itu bisa tetep lincah dengan meliuk-liukkan badannya yang seolah-olah seukuran sepeda motor. apalagi ketika ada 2 Metro Mini dengan jurusan yang sama saling berdekatan. yasudah, tanpa komando-pun mereka akan saling mendahului seolah-olah jalanan jakarta adalah trek balap tidak resmi yang khusus dibuatkan untuk mereka. 

2. Dibutuhkan nyawa dan keberanian lebih untuk menaikinya
harga murah emang gak bisa bohong, seringkali saya ketika turun dari kendaraan nan antik ini harus menimba keberanian dan nyawa cadangan terlebih dulu. pasalnya, belum juga kaki mendarat dijalanan, sang supir dengan entengnya menginjak gas dan melaju cepat. yang tentu saja membuat tubuh oleng dan hampir terjatuh. belum cukup sampai situ, saya harus cepat menyadari bahwa saya dituurunkan ditengah jalan yang ramai oleh kendaraan lain. dan harus mengorbankan nyawa lagi ketika ingin mencapai pinggir jalan.

3. Tempat beramal
tidak dapat dipungkiri lagi, banyak ladang amal disini. mulai dari pengamen, pengemis, dan preman-preman yang hanya bermodal kata-kata "mutiara" dan meminta bayaran atas itu. sepertinya Mario Teguh junior banyak bertebaran diatas kendaraan besi ini.

4. PDKT.
percaya atau tidak, jika kamu laki-laki dan ingin seorang perempuan duduk disamping kamu, duduklah di barisan kedua belakang supir. karena saya sudah mencoba belasan kali dan 80% kemungkinan perempuan yang naik Metro Mini tersebut, ia akan duduk disebelah kamu. kenapa? tentu saja ada penjelasannya.
biasanya, Metro Mini jika menaikkan penumpang pasti akan langsung melaju cepat. tidak peduli sipenumpang sudah duduk atau belum. nah, bagi perempuan, itu adalah hal yang menakutkan, jadi ketika ia naik Metro Mini ia akan langsung menuju kursi yang searah dengan pintu agar tidak perlu membelokkan badan dan membuat tubuhnya oleng *terlebih jika ia menggunakan hak tinggi*. dan satu-satunya kursi yang ideal karena mudah digapai sesaat ia naik Metro Mini adalah kursi kedua dibelakang supir. untuk selanjutnya, jika kamu kreatif, setelah perempuan tadi duduk, kamu bisa kenalan dan mengobrol sepanjang perjalanan. asik kan?

kayaknya segitu dulu deh, kalau ada lagi, mungkin bakalan saya update... atau mungkin, ada yang lain? jawab dikomen aja yaaa... have a great day...

[GarisHorizon] sudah lebih dari dua bulan saya merantau keibukota nan panas ini. waktu yang masih pendek tentunya, dimana pastinya akan a...

[GarisHorizon] sudah lebih dari dua bulan saya merantau keibukota nan panas ini. waktu yang masih pendek tentunya, dimana pastinya akan ada banyak bulan-bulan bahkan tahun berikutnya yang akan saya jalani disini. dan overall pandangan saya sekarang, disaat ini, saya merasa nyaman.

saat ini saya sedang mengerjakan project untuk membuat sistem aplikasi untuk perusahaan lain. dan tentunya, saya diharuskan ngoding diperusahaan tersebut. yang tidak beruntungnya saya, letak kantor perusahaan tersebut dan kantor saya jaraknya lumayan jauh, (Gatot Subroto - Thamrin). 

klasik, saya yang gak bisa terbang dan menembus dinding tentunya diharuskan menggunakan kendaraan paling nyaman diibukota. Metro Mini.

dan seringnya, ada hiburan tidak resmi yang selalu saja bisa memeriahkan keadaan garing dan sumpek ketika dalam perjalanan menggunakan angkutan umum nan nyaman tersebut. musisi sederhana yang umumnya dipanggil pengamen tersebut dituntut untuk membuat keadaan didalam kendaraan tersebut meriah. tapi tidak sedikit juga yang membuatnya semakin garing.

pernah suatu ketika metromini yang saya tumpangi menyusuri jalanan megapolitan seperti biasanya. dan tidak biasanya juga saya menaikkan alis mata kanan saya dan memfokuskan pada suara indah ditengah-tengah suara klakson dan deru mesin yang tak ingin kalah berisiknya. suara yang nyaman dan menenangkan, dia bukan pengamen pada umumnya, dia adalah musisi yang sepertinya kurang beruntung, suara emas itu ia hamburkan diatas Metro Mini rongsok. sayang. sungguh sayang sekali. 

tanpa disadari, ia mengakhiri nyanyiannya dan lalu menodongkan plastik permen relaxa untuk meminta imbalan atas suaranya yang sudah hampir serak. saya yang masih terpukau dengan suaranya ingin sekali rasanya berteriak "MORE! MORE! ONE MORE SONG!!!". tapi setelah menyadari posisi saya yang sedang berada diatas Metro Mini yang masih berjalan, niat mulia itu dengan terpaksa saya urungkan.

sebagai gantinya, uang gocengan yang bersemayam dalam saku akhirnya dikeluarkan. tak ada rasa keberatan sama sekali, saya yang biasanya sebel dengan para pengamen bersuara cempreng yang memaksa untuk diberi recehan yang saya punya. tapi untuk kali ini, saya benar-benar ringan sekali memindahtangankan gocengan tersebut.

yang saya mengerti, kekuatan akan totalitas dan kebanggaan dalam setiap profesi apapun pasti akan membuahkan rasa bangga dan hasil yang totalitas juga. 

selamat beribadah dengan totalitas dibulan Ramadhan.... *smile*

[GarisHorizon] Menulis itu emang gak mudah. berapa kali saya harus tekan "backspace" atau "delete". bahkan seringnya ...

[GarisHorizon] Menulis itu emang gak mudah. berapa kali saya harus tekan "backspace" atau "delete". bahkan seringnya saya tutup mozilla firefox saya dengan draft postingan blog yang tidak selesai-selesai. dan akhirnya tak ada satupun postingan yang berhasil saya "publish". yang artinya, saya adalah seorang blogger murtad yang sama sekali tak pantas disebut blogger.

meskipun postingan saya tidak ditunggu-tunggu bahkan tidak diharapkan sama sekali. saya tetap ingin menulis. entahlah, saya merasa sedikit bangga dengan "about me" saya ditwitter. disitu terpampang dengan semena-mena dan tanpa tahu malu tertuliskan "seorang blogger" dalam about me.

yah, meskipun kata "blogger" sederhananya adalah seseorang yang memiliki blog. siapapun itu, asalkan dia menjadi admin suatu blog, maka dia pantas disebut blogger. tapi, saya menemukan bahwa kata "blogger" tidak berarti sesederhana itu. saya telah bertemu dengan sesepuh Blogger Subang. mereka adalah orang-orang luar biasa dengan pemikirannya yang sedikit "liar" namun masuk akal.

belum lagi blogger-blogger sepuh yang namanya sudah tidak aneh lagi untuk kalangan "online". saya yakin mereka adalah orang-orang luar biasa yang tentunya sangat ingin saya temui didunia nyata. entah itu untuk melihat wajahnya saja. atau lebih jauhnya saya ingin berdiskusi dan mengenal mereka lebih dekat lagi. saya yakin akan banyak pelajaran yang bisa saya dapat meski hanya sejam ngobrol dengan mereka.

inti dari basa basi diatas sebenarnya hanya ingin minta izin kepada blogger "soleh" yang mungkin gak sengaja kesasar kesini. ikhlas kah kalian kalau blogger murtad ini menyebut dirinya sendiri sebagai seorang "blogger" dalam setiap identitas yang saya punya?.... karena bagi saya, kata "blogger" adalah sebuah kebanggaan.

[GarisHorizon] Saat cakrawala itu menyentuh bumi, hanya sayatan akan kenangan yang mulai terlihat pudar, bukan benderang tentang hiruk pik...

[GarisHorizon] Saat cakrawala itu menyentuh bumi,
hanya sayatan akan kenangan yang mulai terlihat pudar,
bukan benderang tentang hiruk pikuk dalam sepi,
semua ini kusam, tak berbentuk, dan hanya patuh akan waktu,

cahaya itu tak bisa kulihat,
disaat semua orang memuja akan keindahannya,
aku terheran dengan kebutaanku,
apa yang sebenarnya mereka lihat? aku juga ingin mengaguminya,
dan akhirnya, sampai saat ini aku masih buta,

sebenarnya,,,
aku tak ingin berbeda,
aku juga tak ingin terasing,
namun semuanya tampak berbeda,
akupun dengan sendirinya terasing,

semoga saja yang kuyakini ini benar,
aku bisa mendapatkan cahayaku sendiri,
mendapat ketentramanku,
dan bahagiaku untuk diakhir,
yang berarti awal dari sebuah keabadian,

antara sepi, keyakinan, dan prinsip
*aku yang melihat mayoritas disekelilingku

tips trik blogging [GarisHorizon] diakhir pekan ini gue pengen sedikit ngelupain my journey in Jakarta . and pengen sedikit analisis tent...

tips trik blogging
[GarisHorizon] diakhir pekan ini gue pengen sedikit ngelupain my journey in Jakarta. and pengen sedikit analisis tentang para sesepuh blogger yang gak tau kenapa, meski jarang update tapi blognya itu selalu penuh pengunjung.

 ***

udah pasti ada trik and tips yang bikin blognya ramai pengunjung, tapi disini gue gak bakalan ngebahas SEO dan anak-anaknya, karena jujur aja, gue sama sekali gak ngerti and mudeng ama istilah yang satu itu.

oklah, gak perlu babibu lagi, inilah analisis gue biar blognya bisa ramai pengunjung and mungkin bisa sedikit diterapin keblog kita. :)

1. Artikel tentang informasi penting
seringkali dulu waktu dapet tugas disekolah gue nyasar keblog yang updatenya itu 2 sampe 3 tahun sebelumnya, misalnya judul artikelnya itu "sistem pencernaan manusia" atau "majas-majas dalam bahasa indonesia" udah bisa dipastiin tu blog pasti bakal dapet pengunjung yang lumayan. karena apa, karena artikelnya itu pasti dibutuhin ama anak sekolah disemua jaman.

2. Konten lucu
entah kenapa, tiap kali online pasti gue sempetin buka blog Ichanx atau Radityadika, and berharap ada postingan baru dari mereka.ya, gue berharap mereka posting lagi diblog mereka, walaupun mungkin satu bulan cuman sekali posting, tapi tiap hari gue selalu cek blog mereka. mungkin itu juga kejadian sama kamu? :)

3. Simple is perfect
tengok deh blognya mbak irma senja. blognya yang minimalis dan dihiasi oleh postingan yang menginspirasi, udah pasti para pengunjungnya bakalan betah berlama-lama dibandingkan blog yang dipenuhi iklan-iklan gak jelas dihampir semua struktur blognya.

4. anti copas alias plagiat
siapa sih yang betah diblog yang isinya full copas? mengutip sih boleh, tapi kalo sama persis? males banget kan.makanya, coba deh berusaha agar setiap konten kita tuh hasil buah pemikiran kita sendiri, sedikit kerja keras bakalan berimbas pada hasilnya. iya kan? :)

udah ah, segitu aja dulu ya hasil analisis gue yang gak nyeluruh and sedikit ngasal. =)
tapi moga aja berguna ya... happy blogging...

[GarisHorizon] sebagai salah seorang programmer muda yang masih lugu dan polos, gue terdesak dalam rutinitas yang bukan rutinitas. tau maksu...

[GarisHorizon] sebagai salah seorang programmer muda yang masih lugu dan polos, gue terdesak dalam rutinitas yang bukan rutinitas. tau maksudnya? jadi gini loh *nyiapin susu bantal buat ngedongeng* kan biasanya pegawai-pegawai tuh ngerjain hal yang sama tiap harinya, kayak misalnya bagian administrasi ya ngurusin administrasi setiap hari, satpam ya jaga keamanan, marketing yang jualan, dan lain-lainlah. nah, gue kan ceritanya jadi programmer, sedangkan programmer kan gak ngerjain hal yang sama setiap harinya, pasti ada hal yang baru yang mesti gue kerjain sesuai permintaan client setiap harinya.

emang sih, gue bersyukuuuuur banget udah jadi gue yang sekarang, semuanya seolah dimudahkan olehNya. nah, sekarang ini project lagi ada banyak-banyaknya, senin besok (12 Juni 2011) ni aplikasi harus udah rilis. sedangkan, hari rabunya udah ada project baru dengan client yang beda, dan tentunya permintaannya-pun pasti beda. huah. dunia ini indah. 

nah, gue sebenarnya gak ngeluh sama sekali, seperti yang udah gue bilang, gue bersyukur banget, tapi yang pengen gue tanyain, lembur dihari sabtu dan minggu itu emang seindah ini ya? *ngasah silet*

*mumpung koneksi internet dikantor cepetnya dewa, lanjut download film, game etc *udah hampir 5 giga* =)

[GarisHorizon] Kadang laut tak begitu jernih, bahkan langit pun tak secerah biasanya. Duka dan rintihan akan sayatan masa lalu begitu men...

[GarisHorizon] Kadang laut tak begitu jernih, bahkan langit pun tak secerah biasanya. Duka dan rintihan akan sayatan masa lalu begitu menggempar dalam jiwa seorang musafir. Harapan hanya tinggal kenangan, kejayaan dan kemasyuran masa lalu terlindas oleh kenyataan hidup yang begitu tajam bagai sayatan-sayatan kebencian.

Kini, semua ceria dan kebahagiaan itu menjadi renta. Terbungkuk dan terbatuk dimakan usia. Bahkan kulit keemasaan itu telah mengeriput dan kasar. Tak ada lagi kelembutan dan kehangatan. Tak ada lagi belaian kasih yang tertumpah. Tak ada. Tak ada. Dan tak ada.

Setelah semuanya terlalui, dunia hampa yang kini ditinggali. Terduduk bisu, menangis perih, mata yang berkaca hanya karena ingatan masa lalu. Debu-debu menari seolah mencerca batin yang sudah tersayat ini. Semua orang memanggilnya dengan “penyesalan”. Tapi bagiku, ini adalah “penghakiman”.

kadang sesal tak selamanya sepadan
(*Sebuah catatan akan penyesalan, kehampaan, dan lika-liku tentang ketidakberaturan
Arif Chasan - 5 Mei 2011

gue seumuran ama dia [GarisHorizon] yah, gue emang udah kerja. resminya, gue adalah pegawai disalah satu vendor jasa telekomunikasi terbe...

gue seumuran ama dia
[GarisHorizon] yah, gue emang udah kerja. resminya, gue adalah pegawai disalah satu vendor jasa telekomunikasi terbesar di Indonesia. *gak usah bilang merek ya, gak enak :p* nah, perusahaan ini memiliki kantor yang cukup banyak, yang baru gue tau, ada tiga gedung yang dikuasai perusahaan ini. nah, tadi pagi kira-kira jam 10-an, gue pergi ke kantor lain buat nyalain server. berhubung gue masih baru banget n gak ngerti apa-apa, akhirnya gue ditemenin ama senior buat jalan kesana.

***

kantornya gak jauh-jauh amat. cuman beda gedung doang, dan itu juga bersebelahan. tapi menurut gue yang bikin unik itu penjagaannya, gila ketat banget! tas gue dibongkar, terus mesti masuk ngelewatin metal detector, dan terakhir harus nyerahin KTP buat dituker ama kartu tanda pengunjung. bentar, bentar, ini teh pengamanannya yang lebay atau emang gue yang katro ya?

emang sih pegawainya ramah-ramah. pas nyampe pintu masuk disambut kata "Selamat Pagi Pak", pas udah diperiksa barang bawaanya, sipegawai bilang "Silahkan Pak", pas ngasihin kartu pengunjung juga sambil senyum resepsionisnya bilang "Ini Tanda Pengenalnya Pak". gue sih seneng-seneng aja, ternyata pelayanan sekaligus pengamanan gedung tersebut gak bikin Bete.

pas urusan gue selesai, gue balik ke kantor gue kerja, nah pas udah rileks, gue jadi kepikiran. emang gue setua itu ya? semua orang panggil gue dengan sebutan "Pak atau Bapak", padahal umur gue kan baru 17 tahun! kenapa gak dipanggil "Mas" tau "Abang" aja ya? hehe.. 

yah, gue sih gak peduli-peduli amat, emang itu standarnya kali kalo ada tamu dipanggil "Pak". nah, pas gue lagi ngoding-ngoding (kerja) ada ibu-ibu atasan gue ngenalin anaknya kesemua pegawai. anaknya cewek, umurnya kira-kira 20an, masih kuliah deh kayaknya, pas nyampe giliran gue dikenalin ama itu cewek, guess what?! tangan gue malah dicium ama dia! -____- *makin berasa tua*

http://smallbiztrends.com [GarisHorizon] udah dua kali gue ngalamin bangun pagi dikota ini. gak ada yang spesial atau berbeda ama Subang....

http://smallbiztrends.com
[GarisHorizon] udah dua kali gue ngalamin bangun pagi dikota ini. gak ada yang spesial atau berbeda ama Subang. kota asal gue. yah, selain macet dan segudang masalah lainnya tentang ibukota yang sering kita jumpai di televisi nasional. menurut gue, ni kota masih layak huni.

tapi, belakangan ini gue jadi ragu. gue beneran tinggal di Jakarta gak sih? yang gue tau, bukannya kebudayaan Jakarta itu berbahasa betawi, ondel-ondel, atau apalah yang "betawi" banget. tapi koq....

yah, sekedar sharing aja ya, gue cuman aneh aja. tetangga kiri gue bahasanya batak, tetangga kanan berbahasa Jawa, depan bahasa ambon, lah, gue sendiri biasa pake bahasa sunda ama temen sekosan. kesimpulannya, gue beneran di Jakarta kan?

[GarisHorizon] hari ini. gue resmi jadi salah satu penyempit penduduk kota Jakarta setelah diterima di salah satu perusahaan penghuni gedun...

[GarisHorizon] hari ini. gue resmi jadi salah satu penyempit penduduk kota Jakarta setelah diterima di salah satu perusahaan penghuni gedung menara JAMSOSTEK sebagai programmer pemula. 

FYI, gue baru aja lulus SMK kemaren lusa. and gue juga masuk sekolah SD normal-normal aja, umur 6-7 tahunan-lah. guys, ngerti gak arah pembicaraan gue? yups! umur gue baru aja 17 tahun jalan udah jadi pegawai bro... guess what? digedung 20 lantai itu, cuman gue yang masih ingusan. *konotatif tentunya*.

kesan gue pas pertama di Jakarta cuman satu kata "PANAS GILE" *eh dua kata denk*. tapi, ruangan tempat gue kerja "DINGIN BOO". asli, itu AC pasti mahal, gimana gak mahal, ruangan segitu luasnya (10x10 m kira-kira) dijadiin freezer raksasa yang bisa nampung 20 orang lebih. gile ye?..

last but not at least, kayaknya ni blog kedepannya bakal diisi buat cerita-cerita pengalaman gue diibukota nan berisik indah ini... hehe..

note: emang naik lift berasa pusing ya?

[GarisHorizon] Alhamdulillah adalah salah satu ungkapan terimakasih bagi seorang muslim atas semua karunia yang telah diberikan olehNya. bia...

[GarisHorizon] Alhamdulillah adalah salah satu ungkapan terimakasih bagi seorang muslim atas semua karunia yang telah diberikan olehNya. biasanya, ucapan itu keluar begitu saja secara refleks. karena mungkin bagi kami para muslim, ucapan itu sudah sangat-sangat kami kenal sejak kami kecil. tapi saat ini, gue ngucapinnya udah bukan secara refleks lagi.tapi gue bener-bener ngucapinnya dari mulut, tubuh merinding, dan mata netesin sedikit air mata. *lebay?* biarin yaa...

dan yang bikin gue bersyukur dihari ini adalah :
  • Ternyata gue udah 12 tahun sekolah. dan dalam 1 atau 2 bulan lagi, gue udah terbebas dari seragam putih abu. *Amin*
  • serangkaian ujian udah gue lewatin, dimulai dari Uji Kompetensi *dimana gue harus begadang tiap hari*, Ujian Teori Kejuruan, Ujian Akhir Sekolah, dan Ujian Nasional.
  • Pengumuman kelulusan Ujian Nasional masih lama dan masih bikin gue cemas, tapi gue bersyukur udah diizinin olehNya untuk mengikuti prosesnya tanpa ada kendala.
  • last but not at least, Gue NgeBlog lagi!... :D
oh ya, ternyata dibalik kesenangan ini, gue nyadar bahwa gue bakalan pisah ama temen-temen yang udah gue kenal baik tiga tahun ini. but, yang gue harap sih kita gak bener-bener pisah. dalam artian, kita gak kan pernah ngelupain satu sama lain kan? :')

oya, sekalian aja. gue pasang note gue di facebook, yah.. seenggaknya buat jadi pengingat aja, mungkin 10 tahun kedepan, gue masih bisa buka page ini lagi... 
sebentar lagi... semua itu akan kita panggil dengan sebutan 'kenangan'. waktu yang dihabiskan, hati yang diisi, dan setumpuk memori yang tak mungkin terlukiskan maupun tertuliskan. biarlah hati dan pikiran saja yang menterjemahkannya, yang pasti... kita pernah bersama. itu saja...

bagaimanapun, kita pernah berjalan beriringan. dan layaknya sebuah perjalanan, kita pernah terhenti hanya untuk menarik nafas, kita pernah tersandung dan terjatuh, kita pernah saling menopang dan berbagi. dan setelah melewati semua itu, kita akhirnya sampai dimana tangan kita tak lagi saling mengulurkan.

ada jalan bercabang didepan sana, ya.. jalan bercabang untuk kita masing-masing,jalan dimana kita akan menemukan kawan seperjalanan yang baru, jalan yang menuju tujuan yang kita impikan, jalan dimana kita mungkin takkan pernah bertemu lagi.

"kamu untuk mimpimu, dan aku untuk mimpiku. mari kita tempuh perjalanan kita yang baru"

Subang, 17 April 2011
Arif Chasan
momen yang akan dirindukan..

[GarisHorizon] Kamu pernah terjatuh?.. saya juga pernah. kamu pernah putus asa?... apalagi saya. tapi kok kita masih disini ya?... kita masi...

[GarisHorizon] Kamu pernah terjatuh?.. saya juga pernah. kamu pernah putus asa?... apalagi saya. tapi kok kita masih disini ya?... kita masih menjalani hari-hari kita seperti biasanya. kemana perginya rasa terjatuh dan putus asa itu?

well, disadari atau tidak. ternyata disetiap diri kita terdapat sifat yang luar biasa. boleh kita panggil itu sebuah "insting". dimana kita tak pernah lupa untuk bangkit saat terjatuh. dan juga tak pernah malas untuk kembali tersadar dari kelamnya keputus asaan.

sejujurnya, kita memang kecewa saat semua usaha kita menuai kegagalan. tapi kekecewaan kita sudah dipastikan jika kita tak pernah mencobanya. lagipula, disetiap kegagalan akan selalu ada hal baru yang bisa kita pelajari. agar saat kita mencobanya lagi dilain waktu, kita akan selangkah lebih dekat dengan keberhasilan kita. Good Luck!...


[GarisHorizon] 00.19 WIB. pagi sekarang gue ada Ujian Teori Kejuruan. gue gak bisa tidur. Perfect! masalahnya bukan gara-gara belajar apala...

[GarisHorizon] 00.19 WIB. pagi sekarang gue ada Ujian Teori Kejuruan. gue gak bisa tidur. Perfect! masalahnya bukan gara-gara belajar apalagi mikirin cewek. tapi, di samping rumah gue ada hajatan pernikahan. yang artinya, DANGDUTAN sampe pagi. nggak, gue gak benci dangdut, gue juga suka Meggy Z. tapi masalahnya itu adalah BERISIK.

kalo malem minggu sih ok ok aja. gue bisa maklumin. tapi masalahnya minggu ini bagi gue adalah Minggu-minggu UJIAN. malah dikasih musik dangdut keras-keras sampe pagi gini. eeeergh. kalo punya bom melotov udah gue lempar juga dah ke tetangga sebelah. sayangnya gue gak punya. jadinya dengan terpaksa niat mulia itu urung gue lakuin.

gue gak habis pikir, apa tradisi yang mengganggu orang lain itu mesti dipertahanin ya? apa salahnya sih hajatan itu di lakuin dari jam 8 pagi sampe jam 5 sore aja. gak perlu semalam suntuk gini. masa iya gue harus ketiduran pas ujian. kan gak lucu. asli gak lucu.

Arrrrrrgh. Gak Asiiiiiiik!

[GarisHorizon] Fenomena twitter emang luar biasa banget. dari pelajar sampe PNS. dari penjaga warnet sampe menteri. and gak lupa artis-artis...

[GarisHorizon] Fenomena twitter emang luar biasa banget. dari pelajar sampe PNS. dari penjaga warnet sampe menteri. and gak lupa artis-artis yang emang udah pada kecanduan sama twitter. gue? gue juga dooonk. tapi followers sama following gue masih dikit banget. yang pengen di follow gue, follow gue dulu di @ArifChasan ya.. :) #promosi

tapi bukan itu yang pengen gue ceritain di sini. fenomena yang sebenernya yaitu terdapat banyak akun yang konsepnya terarah. kayak Joke, Fiksi, Kata-kata mutiara, sampe-sampe akun yang setiap twitnya adalah berita unik dan aneh.

gue tertarik sama hal itu. so, gue bikin akun yang memang terkonsep. maka lahirlah @SemutBijak . Dari akun tersebut gue pengen share hal-hal yang bikin follower semangat sama kata-kata mutiara, kata bijak, atau hal lainnya yang gue anggap berguna gue twit di situ. nah, berhubung baru bikin barusan. maka tentu aja followernya masih belum ada. maka siapapun yang follow @SemutBijak pasti di follow balik. and, kalau berkenan, tolong bantu dipromosiin juga yaaaa.. :)

@SemutBijak : Merangkai kata untuk membuat jiwa dan hati semangat. :)

[GarisHorizon] seribu tahun yang lalu, manusia yakin kalau bumi itu adalah pusat tata surya. lima ratus tahun kemudian, pemahaman baru tenta...

[GarisHorizon] seribu tahun yang lalu, manusia yakin kalau bumi itu adalah pusat tata surya. lima ratus tahun kemudian, pemahaman baru tentang bumi itu datar diyakini oleh kebanyakan manusia pada zaman tersebut. lalu, beralih ke sepuluh tahun yang lalu, keingintahuan manusia sampai pada kesimpulan bahwa suatu kehidupan hanya mungkin ada di bumi, artinya tak ada kehidupan di luar bumi. sekarang, hal itu terpatahkan oleh orang-orang yang mendedikasikan dirinya dengan alat berupa teropong untuk melihat ke angkasa luar, bahwa ternyata ada kehidupan di luar bumi berupa bakteri. lalu pertanyaannya, apa yang akan kita ketahui besok? keilmuan seperti apa yang bakal kita yakini dalam sepuluh tahun kedepan?

Misteri. 

kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi esok. inilah hidup, hidup memang seharusnya penuh kejutan. kita tak pernah tahu kemana arus angin kehidupan menyeret kita. apakah di hilir hidup kita mendapatkan kehormatan, kesuksesan, dan kebahagiaan. ataukah malah terinjak, terusir dan teraniaya oleh arus hidup itu sendiri. semuanya adalah misteri, misteri bola raksasa kehidupan dalam planet yang megah ini.

Do'a.

Adalah pendorong keyakinan kita untuk bisa bertahan dalam seretan arus kehidupan yang begitu kuat. entahlah bagi para atheis. bagiku, keeksisan Tuhan adalah mutlak adanya. Dia yang memutarkan roda penggerak kehidupan. Dia yang berperan sebagai sutradara jenius, memastikan semuanya yang bertebaran dilangit dan bumi tetap pada jalurnya. dan Do'a kita, sebagai bujukan kita padaNya agar skenarionya yang diberikan pada kita adalah skenario terbaik yang membuat kita kuat, tegar dan bijaksana menjalani tapak demi tapak kehidupan  yang diberikanNya.

Mulailah berdo'a. yakinilah hidup yang kini kita jalani. dan akhirnya, di ujung kehidupan kita. semoga yang terbaik yang kita dapatkan.